Senin, 24 Maret 2008

Menumbuhkan Karang Taruna

Menumbuhkembangkan karang taruna
Kecamatan , desa /kelurahan


Karang Taruna adalah Organisasi Sosial Kepemudaan,sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pemuda di Tingkat Desa / Kelurahan, terutama dibidang usaha Kesejahteraan Sosial. Sebagai salah satu cirinya mempunyai struktur organisasi dan susunan pengurus serta kegiatannya meliputi Usaha Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi Produktif, disamping olah raga, kesehatan, rekreasi dan bela Negara.
Karang Taruna Kabupaten merupakan wadah pembinaan atau wadah monitoring Karang Taruna Kecamatan maupun Karang Taruna Desa/Kelurahan. Berpijak dari hal diatas perlu sekali aksi – aksi dari Karang Taruna Kabupaten untuk membina Karang Taruna Kecamatan atau Karang Taruna – Karang Taruna Desa/Keluraha, agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Bagaimana hal itu terlaksana dengan baik perlu sekali pola pembinaan antara lain dengan:
1. Pelatihan Manajemen Organisasi KarangTaruna bagi pengurusnya
2. Pelatihan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS)
3. Pelatihan Usaha Ekonomis Produktif
Apabila itu semua dapat berjalan maka pemuda akan mencintai organisasi tersebut dan juga pemuda- pemudi Desa/Kelurahan memiliki lapangan pekerjaan,sehingga pengangguran diTingkat Desa/Kelurahan khususnya dapat di tanggulangi secara baik sehingga tercapai juga kecintaan pemuda kepada Negara umumnya maupunkecintaan kepada daerahnya sendiri serta krisis kepemimpinan dapat diatasi apabila para pemimpinnya dapat memberi peluang lapangan pekerjaan bagi para pemuda maupun masyarakat lainnya

Tidak ada komentar: